Friday 27 April 2012

Modus Anomali Mirip Dengan Hyya Ibnu Yagzan

ok bro, tadi pukul 06:00 aku baca koran jawa pos, tepat halaman demi halaman ada filem baru karya joko anwar, dalam filem ini "ada seorang pemuda hidup dalam hutan dengan sendiri, dan sampai sampai lupa namanya sendiri" ...dalam cerita ini aku dapat kesimpulan kolo tokoh  utamanya akan mencari kesadaran dengan sendirinya. jadi dalam filem modus animal ini mirip banget ama karya ibnu tufail sang penulis, filosof,sufi, dan ahli kedokteran asal andalusia (sekarang sepanyol) dan orang andalus meenyebut ibnu tufail ini dengan nama Abubacer. ibnu tufail pernah juga nulis novel dengan judul..
Hyya Ibnu Yagzan (“kehidupan anak kesadaran”), dalam novel ini menceritakan sorang anak baru lahir dan disusui oleh binatang, dalam satu pulau kecil dan akhirnya menemui kesadaran dengan sendirinya. jadi kemiripan menurutku dalam modus animal dan Hyya Ibnu Yagzan sama sama mencari kesadaran. kalo gak percaya coba baca novelnya ibnu tufail yang versi indonesia.

3 komentar:

ajeng said...

bagus gak sih ini film?.. kayaknya aneh deh.. tp penasaran

Unknown said...

aduh yang bialng bagus hanya yang mengerti filemnya...tapi aku jamin ni filem sangat2 bagus...

Ms O'Love said...

kadang di dunia ini susah kita temukan lagi yang otentik... "meniru" atau "terinspirasi" sudah memiliki arti yang tipis... ^_^

Post a Comment