Minggu, 09 Mei 2010

belajar bahasa sasak keren yukkkkk!!!!!

>

Kalo ga ada kerjan pasti kayak gini nih…….ok kita mulai aja …..

Dalam bahasa sasak terdapat sasak halus dan sasak sedang-sedang (bukan kasar ya,,,,)
dengan bahasa sasak, kita dapat berkomunikasi dengan orang-orang lombok, ketika pembaca berlibur ke wisata lombok.
dan yang aku heranin adalah bahasa sasak dipelajari oleh turis-turis yang sering ke pantai lombok yaitu, pantai senggigi, kuta,gili terawangan, gili air, gili manuk.
loh..gimana kok turis belajar bahasa sasak yah....?
penulis pernah ngomong ketika pulang ke lombok dan disaat perjalanan menuju lombok, aku pernah samperin aku langsung bilang, i living in lombok sir, gitu bhs yg aku pke, akhirnya ia melontarkan omongannya dengan kata , embe side wahlaiq....aduuuh keren bgt turis ko bisa bhas sasak nih.....gitu ceritanya...
baik anak2ku  kita mulai yah…..
kita bahas percakpan sehari-hari aja …yah....
kata- kata dibawah ini sangat sering sekali kepake oleh anak muda jaman sekarang , so klo anda mow jadi orang  keren belajar bahasa sasak dong jangan bahasa inggris melulu, bhs inggris kan udah banyk yang bisa...jadi ,bahasa inggris tuh udah umum di jaman sekarang anak SD aja bisa..
Kamu               : kamu
Aku                 : aku               
Anda                : side
Dia                   : ni
    ibu                : inak
    bibik            : saiq   
    bapak            : amaq, mamik
    paman            : tuaq
    abang            : kakak
    cantik            : inges
    jelek            : lenge
    cakep            : ganteng
    capek            : lelah
    istirahat        : mentelah
    ngantuk            : ngantok
    minum            : nginem
    makan            : mangan, bekelor
    mandi            : mandiq
    pergi            : lalo
    membaca            : bace, mace
    kerja            : begawean
    Gini            :meni
    gitu             :menu
    tunggu            : antih
    sebentar        : semendaq
    bagus            : solah
    terlanjur        : kedung
    kamu jelek        : kamu lenge
    kamu cantik        : side inges
    di                : lek
    sana                : to
    sini                : te
    ini                : ni
    itu                : nu
    disana                : lek to
    cewek muda            : dedare
    cowok muda            : bajang



Contoh keren
gini caranya                 : meni entan
gitu caranya                 : menu entan
aku mele jok side         : aku suka ama kamu


maukemana ?                : embe laiq?
udah makan ?               :uwah mangan/ wah ngelor ?
gimana kabarnya?         : berembe kabarm ?
kamu sudah kemana ?   : embe uwah laiq ?
kamu asal mana ?          : embe asal side ?
kamu asli mana ?           : asli embe side ?
belajar bareng yuk ?       : berajah bareng entEh?
berapa no hape nya        : pire nomer hapen side

Saya sudah ke kampus        : uwah tiang lalo jok kampus
Aku baik2 aja kok        : aku solah2/ sehat meni wah.
Aku tinggal di lombok   : aku mero lek lombok
Saya sudah solat          : aku uwah sembahyang
Asli orang lombok        : aku asli dengan lombok(asli kanak lombok)
Aku laper                    : tiang lapah
Aku mau makan ama kamu        : aku mele mangan kamce side
aku mau ke warnet        : aku mele jok warnet
aku mau solat            : aku mele sembahyang
aku mau pergi            : aku mele lalo
aku mau minum            : tiang mele nginem
aku mau mandi            : aku mele mandiq
makasih                : tampiasih

penjelasan:

jika kalimat (aku) tidak di ucapkan bisa di singkat menjadi,
contoh: (saya mau makan)     : meleng mangan/  meleng ngelor
    kalimat (mele) kalo di tambah dengan hurup (ng) jadi aku mau
bahasa sasak bisa di jumpai di lombok tengah, timur, barat,utara, mataram.
 Dengan diale-dialek yang ber beda, yang aku tulis diatas adalah dialek lombok tengah bagian timur.

nb: sory yah tulisannya ga rapi...so sorry   

26 komentar:

Anonim mengatakan...

hehe aku jadi tertarik sama bahasa ini , b'cos aku baru baru ini punya cowok dari mataram ... hehe .. pengen belajar aja siapa tau aku dikatain sama bahasa mereka kan jadi tahu :D

hartono junaidi mengatakan...

oo ia makasih sudah membacanya..

tapi di artikel ini belum di kakata yang negatif..

Anonim mengatakan...

AKU JUGA ORANG MATARAM, TAPI GAK BISA BAHASA SASAK,,,,WKWKWKW. . . .

Anonim mengatakan...

mana nie kelanjutanya....aku mau belajar bahasanya nie...atau buat kamus aja...

hartono junaidi mengatakan...

lanjutannya udah terbit....
lumayan lengkapa..
tapi masih banyak yg kurang...

makasih ya...udah ngunjungin.....:)

andi mengatakan...

mau tahu, bahasa sasak untuk 'pantai/beach' apa ya?
Makasih.

hartono junaidi mengatakan...

andi : dalam tradisi yang aku pake pantai : segare (bhs sasaknya)

Anonim mengatakan...

kalo artinya "nei" itu apa?

Anonim mengatakan...

mhn maaf kalo boleh saran,,tulisan anda masih perlu banyak revisi semeton..dan juga usahakan untuk mengambil sumber dari bahasa sasak lombok timur atau yang lain,,seperti yang kita ketahui bahasa sasak sangat beragam..terimakasih

aninda mengatakan...

bikin postingan lagi donk kosakata sama kalimat sehari2 pake bahasa sasak..aku tertarik banget mau belajar bahasa sasak :)

nasri mengatakan...

Ampure agung sanak, nunasang bahasa sasak wikanang tiang lebih halus

hartono junaidi mengatakan...

all: tiang nunas jok pelungguh, tiang masih belum tapu banyak tentang bahasa lombok yang halus...tapi insyaallah tiang usahaain...tampiasih semeton

budi mengatakan...

http://budi-mariberkreasi.blogspot.com numpang nyerempet juluk semeton

dedare gerung mengatakan...

alhamdulillah sesuatu yg baru mkch...

dedara gerung mengatakan...

sida grung mbe kalo gerung gafuk ja salam tifa man dan tuan noar aku teman nya dari saodi nama saya mila

hartono junaidi mengatakan...

aku lombok tengah semeton....

Anonim mengatakan...

kalo kemarin, besok, tadi, nanti, pagi, siang, sore, malam???hehe

Anonim mengatakan...

Coba dngerin base sasak praye lamun tedengah sik dengan lain jak sekatm ngerti dait demtao ndek klelek/rereq. Contohx: Ne'k = punyaku, Nekm = Punyamu, Nekn = punya dia. Muk Kangenm? = aku kangen ama kamu? masih loek ndek bau sik sebutn batur, leto lete to ti lain boyak no ni ahahaha kesana kemari nyari ini itu. was waes piring mones, dengan sasak jak wah tao etung grress... :D

kanak praye mengatakan...

aku orang lombok tapi aku udah lama tinggal di jawa timur....jadi aku lupa bahasa lombok....
tolong artikelnya lebih lengkap lagi ya....
terimakasih

Anonim mengatakan...

brembe kabar miq, keren gati artikel side ne hehe

dwi arini mengatakan...

kalo "ngeme" sama "ngelak" artinya apa yah? #TRIMS

awall van mengatakan...

rongos,,, base sasak alus upload skali,,,,

Agus Suyitno mengatakan...

sundel bahsa apa ini awak gk ngerti?

Bung Ligar mengatakan...

aku dari jawa barat dan tertarik dengan bahasa sasak_coba bikin mini kamus donk !thank's

Anonim mengatakan...

apa maksudnya kanak kesiye kendek nyesel

Anonim mengatakan...

aok

Poskan Komentar