Sunday 23 May 2010

MENGUNGKAP KEJENIUSAN DAN KEBODOHAN SANG GALILEO

Kali ini aku mau bahas keahlian dan kekurangan sang Galileo…

Ketajaman insting Galileo

Sebagai layaknya manusia yang ditakdirkan jenius, pada diri Galileo terdapat ketajaman insting yang hanya dimiliki oleh orang2 yang sama seperti dirinya. Ketajaman insting bukan sekedar bawaan bakat dari lahir, melainkan diasah berbagai macam cara yang memungkinkan insting tersebut mampu melihat dan mengenal arah pengetahuan yang dikuasainya secara baik. Proses ketajamannya tentu saja mengalami fase bertahap-tahap dari waktu-kewaktu sesuai dengan kesungguhan orang yang memiliki insting tersebut. Dia juga banyak melakukan eksperimen setiap penomena yang dibutuhkan zaman masyarakatnya, di samping menyelidiki kenaapa bisa terjadi seperti itu atau mengapa harus seperti itu.
So temen2 yang mau kayak Galileo, memang sangat mudah dipahami namun sulit untuk dikerjakan atau dipraktek. Jenus kalo menurutku sih, susuatu keahlian terhadap sesuatu yang ga bisa dilakukan oleh organg lain dan kalo bisa sih.. semua yang terkenal pada zaman sekarang kita ahli semua dalam bidang apapun. Kalo ada temen2 yang ahli dalam semua bisang yang ada pada zaman clasik dan yang sekarang aku bilang iya super Galileo, enstein, aristoteles, dan yang lain.sesuai dengan keahliannya yaitu fisik dan matematika. Berarti kekurangan Galileo adalah ga bisa ngeblog he he he. Pengashan insting Galileo diawali dari mempelajari teori dan rumus2 ilmu pasti. Dia memperdalam pengetahuan tentang hokum kualitas alam raya serta memikirkan sekaligus mengobsevasi sifat2 sifat gerak dan benda di dalamnya. Kemudia ia mengkaji hubungan antara hasil semua itu dengan hasil akhir yang dicapai, yang kira2 relevan dengan rumus2 rumus ilmu pasti itu. Kearena ketekunan dan kesabarannya, terciptalah berbagai penemuan yang mengagumkan serta teori paling cemerlang yang membuat menusia sekarang tinggal mengembangkannya. Kerja keras Galileo di awal keriernya sebagai matematikawan dan fisikawan bukanlah kerja keras main2, melainkan kerja keras sunguh2 dan pikiran. Galileo acapkali menghadapi cercaan, hujan, dan cacimaki dari musuh2nya yang tidak menyukai pandangan yang diajukan. Sebagian mereka iri dengan hasil kerja kerasnya yang menggumkan semua orang.setelah dihujat dan dicacimaki, Galileo tidak mau menyerah dengan prinsip yang telah ditanamkan dan tidak mau mundur dari observasi yang selama ini dilakukannya. Malah Galileo tidak segan2 berdebat dengan musuh2nya. Manusia seperti Galileo adalah manusia cerdas yang sengaja ditakdir tuhan untuk memperlihatkan sebuah keracuan dalam sebuah agama atau doktrin yang telah mengakar ratusan tahun. Sehingga terealisasilah apa yang ditakdirkan tuhan. Galiloe orang yang ga bisa main, facebook, blogger,ngenet,ngebrosing,nge upload.

Barang kali orang2 terkejut dengan vonis yang dijatuhkan terhadap karya2 copernicus dan dan sekedar mengurut dada atas hukum yang ditimpakan kepada bruno. Namun dengan Galileo, semua orang yang dicintai kebenaran pasti merasa simpati dan selalu berdo'a semoga Galileo selamat dari intimidasi otoritas suci, yang pada saat itu yang sama juga dikaim sebagai pemeliharaan hokum suci tuhan.

Sebab Galileo memang seorang jenius yang berpandangan eksperimentalia paling cemerlang di Italia dan eropa. Dalam mempertahankan pangdangannya, Galileo bukanlah seorang arogan yang ingin bisa dinalar sekalipun oleh orang awam.

Kita akan melihat bagaimana insting Galileo yang mengagumkan itu. Tajam dan dapat dipercaya. Ia pernah mengatakan '' akan terbuka gerabang dan jalan menuju ilmu pengetahuan yang sempurna, pemikiran2 yang tajam akan masuk dan akan menguak lebih dalam''. Pembuka gerbang ilmu pengetahuan yang dimaksud Galileo adalah ilmu fisika dan ilmu matematika. Galileo menganggap kedua ilmu ini akan menjadi gerbang ilmu pengetahuan yang sempurna dan yang kelak bisa dimanfaatakan demi kemasalahatan manusia secara maksimal.

aku mau nanya ni apa bener ilmu yang dua tadi tuh, bisa jadi gerbang ilmu pengetahuan bagi semua manusia..?? kita bisa beda pengertian dan beda persepsi.galileo juga manusia yang hidup zaman yang jarang ada saingan. Coba hidup sekarang mungkin banyak saingan2 yang dari Indonesia . amien…

ok aku jawab yah pertanyaan yang di atas dengan persepsi aku sendiri. Kedua ilmu yang dijadikan gerbang ilmu pengetahuan itu hanya menjadi gerbang ilmu teknologi. Contoh: semua ilmu informatika hanya berasal dari matematikan dan fisika. Satelit ada karena ada tentang pengukuran luar angkasa, begitu juga dengan matematika, kita menghitung berapa jarak satelit dengan klien. Kan saling menyambung kedua ilmu ini. Dan kdua ilmu ini tidak bisa dipisahkan. Karena jika kita melakukan penelitian alam raya, kita pasti membutuhkan statistik kehidupan yang ada di alam tersebut dan statistik ini membutuhkan ilmu hitungan tau matematika.

0 komentar:

Post a Comment