Friday, 5 September 2014

Desa Beleka Menyapa Dunia

Beleka adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Desa ini sebagian besar penduduknya bersuku Sasak. dari tahun ke tahun ekonomi bisnis terus berkembang dan menjelajah dunia nusantara indonesia ataupun luar negeri. seperti yang dikatakan oleh pemilik galery handcraft saudara haryono kemarin tanggal 15 agustus 2014 turis asing dari UEA datang dan membeli barang dan sebagian karyawan kami ikut narsis ketika pengambilan gambar. jelasnya..
pemerintah desa beleka juga ikut berpatisipasi dalam perkembagan bisnis mikro dan makro ataupun tinggat global dengan bekerjasama dengan kementrian pariwisata dan dinas perekonomian dan perdaganan kabupaten lombok tengah. salah satu cara pemerintah desa membuat forum atau seminar tingkat desa di aula kantor desa beleka. dengan tema usaha anyaman rotan dan keta."dengan ini kami sangat berterimakasih kepada pihak terkait bisa ikut berpatisipasi dalam membuat forum bisnis anyaman rotan dan keta. kata rojan sebagai pedangan rotan di desa beleka.
Adapun juga perkembangan ekonomi bisnis beleka saat ini sangat berkembang pesat antar daerah, seperti yang sampaikan saudara bayu pemilik salah satu artshop handcraft " bulan agustus kemarin kami kejakarta untuk mengikuti pameran dan penjualan produk indonesia dan alhamdulillah hasilnya memuaskan" jelasnya
Di desa belaka juga saat ini galery dan artshop tetap berkembang dari tahun ketahun, kata staf desa beleka disaat mendata ulang pemilik toko barang antik atau anyaman rotan,bambu, dan keta. 
Tidak lupa juga selain dari penjualan barang antik semua bisnisman ikut bimbingan tehnik ekpos pada tahun 2013 di mataram sequre hotel. dalam hal ini semua tehnik penjualan dalam negeri dan luar negeri di jelaskan oleh pemateri bintek. dan alhamdulillah desa beleka saat ini sudah bisa menyapa dunia bisnis internasional. saat ini juga penulis ikut mengawasi perkembangan desa beleka dalam observasi perkembagan ekonomi global. untuk ikut serta dalam melestarikan budaya sasak tanpa upah ataupun honorer. aduh sori jadi curhat ni...oh ia semua dokumen foto di ambil dari facebok haryono zulkarnain.
(copas dari sebelah bro)
Desa Beleka adalah salah satunya. Desa yang terletak 15 km di arah Timur kota Praya, Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah ini merupakan salah satu pusat kerajinan tangan, terutama kerajinan rotan dan ketak. Selain rotan, kerajinan lain yang diproduksi adalah kerajinan kayu, keris dan keramik. Sudah lebih dari 25 tahun desa ini menjadi supplier kerajinan rotan untuk dijual kembali di Bali.
Pemandangan para wanita yang bekerja memilin rotan merupakan pemandangan umum yang terlihat sehari-hari di Desa Beleka. Tidak peduli dengan panasnya udara dan teriknya matahari, ibu-ibu duduk beralaskan tikar di depan rumah, memangku rotan di pangkuan sementara tangannya lincah bergerak mengolah rotan menjadi barang kerajinan sambil asyik berbincang dengan ibu-ibu lainnya. Sementara bapak-bapak bertani, ibu-ibu ini membuat kerajinan setelah pekerjaan rumah tangga selesai dikerjakan.

0 komentar:

Post a Comment